welcome


Selasa, 31 Juli 2012

Semua Akan Indah Pada Waktunya (part2)


    Tes pertama, waktunya 60 menit. Lembar pertama, perintahnya, deskripsikan diri Anda dengan menjawab pertanyaan berikut. Pertanyaan pertama, “Saya adalah….” Jleb! Harus jawab apa ini? Hmm, sedikit kacau, aku coba membuka lembar yang kedua dan seterusnya. Alhamdulillah, yang susah yang lembar pertama. Kalau dalam mata kuliah Evalusi Hasil Belajar, tak diperbolehkan urutan seperti ini, kalau yang sukar ditaruh di butir awal tes, ini bisa menjatuhkan mental siswa. Seharusnya, urutannya adalah butir tes yang mudah, agak mudah, sedang, agak sukar, baru sukar. Tapi, sepertinya cuma aku yang merasa kesulitan mengerjakan lembar pertama ini, dari 10 orang, 11 sama ibuknya tadi, peserta lain udah pada asyik dengan lembar masing-masing. Berarti aku ga kenal sama diriku sendiri, “Who am I?”  judul film melintas di pikiranku. Aku menghirup napas dalam, bismillah, yah aku kerjaiin sebisaku lah. “Kita memang harus berusaha, tapi kita ga bisa nentuin hasilnya, jadi kalau sudah berusaha, serahkan  hasilnya sama Allah”  petikan kultum pas tarawih melintas di kepalaku. Soal selanjutnya, Hal yang Anda sukai dari pekerjaan/aktivitas Anda, hal yang Anda benci dari pekerjaan/aktivitas Anda, yang memotivasi Anda, Selain waktu,uang,dan tanggung jawab apa yang Anda pertimbangkan? Apa  sifat positif yang menonjol  pada  diri Anda, Apa sifat negatif yang menonjol pada diri Anda, dan Apa prinsip hidup yang Anda pegang, pertanyaan-pertanyaan itu aku jawab dengan baik semampuku. Lembar kedua dan ketiga , kita disuruh memilih peryataan-pernyataan yang sesuai dengan diri kita, sedangkan lembar keempat dan kelima ada soal-soal  psikotes.

          Tes kedua, waktunya 15 menit, ada 8 gambar yang belum lengkap, kita disuruh untuk melengkapi dan memberi keterangan pada gambar yang kita gambar, lalu disuruh memilih gambar yang sulit, mudah, disukai, dan tidak disukai, serta mencantumkan urutan gambar yang kita kerjakan. Kalau ga salah, aku tadi gambar, kemeja, kain batik, tangga dan beberapa anak tangga, amplop yang ditempeli perangko, biscuit yang udah dimakan sebagian, kalung berbandul Love,tangga, batang korek api yang bersebaran, dan matahari terbit di antara gunung (gambar pemandangan SD :p). Lalu, gambar yang aku suka adalah matahari terbit, yang ga suka : gambar tangganya, yang mudah : batang korek api, dan yang sulit, kalung berbandul Love.
       Tes ketiga,waktu 10 menit, kita dikasih kertas kosong dengan posisi portrait, lalu disuruh menggambar manusia lengkap,tapi ga boleh robot atau kartun, terus dikasih keterangan dia cowok atau cewek, umur berapa, dan lagi ngapain. Ini juga bikin bingung ni, kalau mau gambar manusia, boleh ga sih sebenere? Tapi yang di majalah anak-anak *** di TPA itu, kenapa mukanya dipolosin?. Akhirnya aku menggerakkan pensilku, entah dapat ide darimana, aku menggambar seorang gadis bergamis bunga-bunga dan berjilbab dari belakang yang sedang memainkan layangan berbentuk ikan berekor panjang di tepi pantai, dengan keterangan aku tulis, seorang gadis berumur 20 tahun yang bermain layangan di tepi pantai Parangtritis (berasa aneh sangat sebenere, hahaha, tapi ga apalah, ibunya bilang kan sesuai imajinasi kalian :P).
         Tes selesai, lanjut Interview. Ini  yang paling bikin deg-degan, “nanti ditanyain apa aja ya mbak?”, aku bertanya pada mbak Ratri yang duduk di kiriku, tentu dia sudah berulang kali mengikuti tes-tes seperti ini. Dia menjawab, “biasa kok, ya nanti dijawab sebisanya, kalau ga bisa ya ketawa aja, haha”. Giliranku tiba, aku masuk ruang interview, udah takut aja,ntar kalau yang wawancara bapak-bapak gimana, eh tapi Alhamdulillah, ternyata yang di ruangan itu adalah Ibunya tadi :D, pertama suruh nyritain keluarga, trus ditanya kenapa pengen kerja disini, sejak kapan tertarik di dunia jurnalis, dan yang terakhir, ini pertanyaan yang “wow” banget buatku (ya, maklum anak desa --), “Kalau diterima di sini, mau minta gaji berapa?”. Gleg, aku sama sekali ga terfikir kalau ditanya demikian. Dan akhirnya jawaban “ngeek” yang keluar dan bikin Ibu.e senyum (malu banget dah gua!). Ibu tadi menutup interview dengan berkata,”Ya, ditunggu aja dua minggu lagi, kalau ada panggilan dari kami, kita bicarain kelanjutannya, kalau ga ada, ya maaf mungkin besok bisa kalau udah lulus.Dan tolong dipanggilkan giliran selanjutnya”.
Hmm, harapan pengen keterima sih besar, tapi takut juga gimana entar ...

Petikan ayat yang ku baca

“… Tetapi  boleh jadi kamu tidak menyenangi  sesuatu, padahal  itu baik bagimu,   
dan boleh jadi kamu menyukai  sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. 
Allah Maha Mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui “ . (Q.S Al Baqarah : 216)
 meyakinkanku  Dia lebih tahu apa yang terbaik untukku, dan aku percaya Semua Akan Indah Pada Waktunya  :)
                                                                                                                     bersambung 2 minggu lagi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar